Home » » 10 Binatang yang dapat Terbang dan Meluncur Selain Burung

10 Binatang yang dapat Terbang dan Meluncur Selain Burung

Written By Unknown on Rabu, 24 Juli 2013 | 19.09

10 Binatang yang dapat Terbang dan Meluncur Selain Burung
Kita tentu tahu jika sebagian besar spesies burung punya kemampuan untuk terbang. Begitu juga dengan bangsa serangga. Namun tahukah anda jika selain hewan dari kedua jenis makhluk hidup tersebut ada juga loh yang bisa terbang atau lebih tepatnya disebut 'meluncur'. Dan berikut ini adalah 10 Binatang yang dapat Terbang dan Meluncur Selain Burung dikutip berbagai sumber:

10. Ikan Terbang
 Ikan Terbang
[lihat.co.id] - Meski tidak terbang seperti burung, ikan terbang mampu meluncur di udara hingga sejauh 50 m. Mereka meluncur di udara dengan cara memukulkan ekornya ke air lalu mengepakkan hingga 70 kali/detik, dan merentangkan sirip lebar mereka seperti sayap. Biasanya mereka terbang ke udara untuk menghindari predator. Mereka bahkan bisa terbang lebih jauh lagi jika mengikuti arus angin.

9. Katak Terbang
Katak Terbang
[lihat.co.id] - Mereka menghabiskan sebagian waktu hidupnya berada di atas pohon. Berkat kakinya yang berselaput, memungkinkan mereka untuk melayang di udara berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya secara aerodinamis untuk berburu serangga atau menghindari predator.

8. Kadal terbang (Gliding Lizard)
Kadal terbang (Gliding Lizard)
[lihat.co.id] - Hewan yang kalau di tempat saya disebut dengan "cleret" ini memiliki lapisan kulit di samping perutnya yang dapat direntangkan dan berfungsi seperti sayap untuk digunakan meluncur dari satu pohon ke pohon lain. Sekilas wujud mereka terlihat seperti seekor naga kecil.

7. Semut Terbang (Gliding Ant) 
Semut Terbang (Gliding Ant)
[lihat.co.id] - Mereka tidak punya sayap, tidak pula punya selaput kulit mirip sayap. Mereka hanya memanfaatkan kecepatan angin untuk melayang. Meskipun demikian, mereka dapat menavigasi arah layang mereka dengan baik dan mendarat dengan aman..

6. Sugar glider
Sugar glider
[lihat.co.id] - Sempat dianggap punah pada tahun 1939, tetapi saat ini binatang ini cukup populer dikalangan para pecinta binatang. Bahkan banyak yang diperjualkan di situs-situs online. Memanfaatkan lapisan kulit di bawah lengan mereka yang mirip seperti baju muslim cewek yang lagi nge-trend saat ini, tupai terbang ini akan meluncur dengan anggun di udara.

5. Cumi-cumi terbang (Flying squid)
Cumi-cumi terbang (Flying squid)
[lihat.co.id] - Cumi-cumi jenis ini memiliki kemampuan mendorong udara seperti pesawat jet untuk melompat dari air untuk menghindar dari predator. Setelah berada di uadara, cumi-cumi ini dapat melayang hingga jarak beberapa meter berkat sirip kecil yang dimilikinya.

4. Ular terbang (flying snake)
Ular terbang (flying snake)
[lihat.co.id] - Tak bersayap, tak bersirip, tidak juga berselaput. Ular yang dapat ditemukan di wilayah Asia Tenggara ini memanfaatkan daya lontar tubuhnya yang panjang untuk melompat dan melayang di udara. Ular ini akan membentuk tubuhnya menyerupai huruf 'S' sebelum kemudian melompat.

3. Lemur terbang (flying lemur)
Lemur terbang (flying lemur)
[lihat.co.id] - Hewan asal Filipina ini termasuk binatang langka. Hewan Nokturnal ini terbang dengan cara yag hampir menyerupai sugar glider.

2. Cicak Terbang (flying gecko)
Cicak Terbang (flying gecko)
[lihat.co.id] - Berbeda dengan 'kadal terbang' yang memiliki lapisan kulit di samping perutnya, cicak terbang ber-aerodimanika dengan memanfaatkan selaput di sela-sela jarinya.

1. Kelelawar
Kelelawar
[lihat.co.id] - Binatang ini merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Hewan nokturnal yang ber-navigasi menggunakan suara frekwensi tinggi ini dapat ditemukan dimana-mana dan jenisnya pun banyak.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

STATS

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. SAS | Web Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger