Home » » 10 Hewan Bertubuh Mini di Dunia

10 Hewan Bertubuh Mini di Dunia

Written By Unknown on Sabtu, 21 Desember 2013 | 14.02

Dunia ini sungguh beraneka ragam keunikannya. Selain keragaman jenis satwa, warna bulu dan ukuran tubuh satwa itu bermacam-macam lho. Ada satwa-satwa yang memiliki ukuran tubuh raksasa dan rasanya bisa menggilas Anda dalam sekali libas, seperti misalnya gajah, badak, banteng, dan lain sebagainya Tetapi, dunia ini juga memiliki satwa-satwa bertubuh mungil yang bahkan ukurannya hanya seperlima telapak tangan orang dewasa.  Aduh, cute banget ya sepertinya. Yuk intip keunikan dan menggemaskannya hewan-hewan bertubuh mini yang disebut paling kecil di dunia, berikut10 Hewan Bertubuh Mini di Dunia seperti dilansir vemale

1. Kelelawar Bumblebee
Kelelawar Bumblebee
Dikenal dengan nama Kitti's Hog-Nosed Bat atau Bumblebee Bat, kelelawar terkecil di dunia ini bisa Anda jumpai di Thailand. Ukuran tubuhnya memang kecil, bahkan ukuran tubuh paling besar mungkin hanya sekitar 10 cm saja. Ukuran tengkoraknya juga kecil dan disebut sebagai mamalia paling kecil. Saat ia terbang, mirip dengan kupu-kupu atau serangga lain.  Aih, apakah ia tidak tertiup angin ya?


2. Bee Hummingbird 
Bee Hummingbird
Disebut burung hummingbird lebah karena memang ukurannya mirip dengan ukuran lebah. Asalnya dari Kuba dan besarnya tak berbeda jauh dari penghapus pensil. Mereka termasuk jenis burung yang aktif dan setiap menitnya bisa mengepakkan sayap 100 kali. Yang bikin penasaran, seberapa besar ya telur yang mereka hasilkan?


3. Chihuahua Boo Boo
Chihuahua Boo Boo
Namanya Boo Boo, jenis anjing chihuahua ini termasuk salah satu anjing chihuahua terkecil di dunia. Besarnya sama seperti kotak korek api. The Guinness Book of Records akhirnya menobatkan Boo Boo sebagai anjing terkecil di dunia tahun 2013 ini.

4. Pygmy marmoset monkey 
Pygmy marmoset monkey
Banyak wanita yang gemas ingin memilikinya. Penghuni hutan hujan Amaazon ini adalah jenis monyet terkecil di dunia yang bisa tumbuh hanya sekitar 10-15 cm saja.

Monyet Pygmy ini juga ada di Brasil, dan disebut dengan nama mono de bolsillos atau monyet saku. Tak perlu bingung membawakannya kandang, Anda bisa menyimpannya di kantung saku baju Anda.

Eit, tapi mereka ini adalah satwa dilindungi lho, jadi batalkan niat Anda memeliharanya dan biarkan mereka tumbuh bahagia di alam bebas tempat habitatnya.

5. Brookesia micra chameleon
Brookesia micra chameleon
Bunglon terkecil di dunia ini hidup di Nosy Hara, Antsiranana, Madagaskar. Kabarnya mereka mengalami pengerdilan seiring dengan berlangsungnya evolusi di dunia. Yang menyedihkan, bunglon terkecil di dunia ini terancam punah gara-gara illegal logging yang menjajah hutan Madagaskar.

6, Royal Antelope 
Royal Antelope
Diberi nama royal bukan karena ukuran tubuhnya besar, namun justru tubuhnya sangat kecil sekali. Jenis antelope yang satu ini hanya bisa tumbuh 15-20 cm saja. Mereka hidup di dalam semak-semak di hutan Afrika Barat dan termasuk hewan nocturnal yang sangat pemalu.

7. Vaquita
Vaquita
Disebut Vaquita dalam bahasa Spanyol, yang artinya sapi kecil. Hewan ini termasuk salah satu ikan family lumba-lumba yang hidup di teluk California dan laut Cortez. Mereka tinggal di laguna dan makan apa saja yang tinggal di sana. Hewan ini sebenarnya sangat dilindungi karena langka dan jumlahnya sangat terbatas. Mereka kerap diburu oleh para nelayan nakal yang matanya digelapkan oleh uang dan keuntungan.


8. Barbados Threadsnake 
Barbados Threadsnake
Hati-hati kalau bertemu dengan ular jenis ini, Anda akan sulit membedakan dan mengenalinya sebagai ular.Ditemukan di kepulauan Karibia di Barbados, di mana ia termasuk ular terkecil yang ternyata buta. Disebut juga dengan spaghetti snake karena bentuknya bulat dan tebal mirip dengan spaghetti. Kalau disejajarkan dengan koin, wujudnya ternyata memang tidak begitu besar, mungkin hanya sekitar 10 cm saja.

9. Paedophryne Amauensis Frog
Paedophryne Amauensis Frog
Adalah katak terkecil di dunia yang ditemukan pertama kali di Papua Nugini. Dikenal sebagai hewan vertebrata terkecil yang ada di dunia, katak ini hidup di dalam hutan hujan di antara sampah-sampah daun yang nyaris membusuk.  Ukurannya bahkan tidak sampai sebesar koin, sangat kecil dan mungkin hanya 1/3 koin saja. Mereka tidak pernah tumbuh besar dan selama dikenal selalu memilih tubuh mungilnya itu.
 
10. Pygmy Mouse Lemur
Pygmy Mouse Lemur
Ahhhh menggemaskan sekali melihat lemur yang tumbuh hanya sekitar 9 cm ini. Beratnya bahkan tidak sampai 100 gram. Ditemukan pertama kali tahun 1993 di Madagaskar. Hewan Lemur terkecil ini sama seperti lemur pada umumnya yang lebih aktif di malam hari.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

STATS

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. SAS | Web Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger